loading...

Saturday 26 March 2016

Ada 4 Cara Manajemen Waktu dengan Efektif


 
Setiap orang memiliki waktu yang jumlahnya sama dalam satu hari. Namun, kebanyakan manusia belum mampu mengoptimalkan waktu dan akhirnya terbuang percuma. Manajemen waktu yang baik akan menjadi faktor terpenting dalam pencapaian target hidup Anda. Yuli Fajar Susetyo, M.Si, Dosen Psikologi UGM membagikan kiat dalam manjemen waktu supaya kegiatan makin berkualitas.



  • Tentukan visi dan tujuan
Luangkan waktu untuk menentukan visi hidup sebagai patokan untuk mengutamakan kegiatan yang akan dilaksanakan. Anda bisa menentukan apa yang harus diperbuat dan mana yang ditinggalkan sebagai tujuan hidup. Tujuan di sini berkaitan dengan apa yang Anda percaya sebagai sesuatu yang harus diraih untuk mencapai visi. Buatlah tujuan-tujuan kecil yang hendak Anda capai tiap hari, tiap bulan dan tiap tahunnya.

  • Tanamkan prinsip 4D
Manajemen waktu tak lepas dari prinsip Desire, Decisiveness, Determination, Discipline (4D). Desire berkaitan dengan poin-poin kegiatan yang diinginkan. Setelah mengerti apa yang Anda inginkan, Anda harus mampu memutuskan (Decisiveness) keinginan apa yang penting di samping keinginan-keinginan lain. Setelah itu, Anda harus yakin bisa menjadi penentu pencapaian itu (Determination). Semua hal tersebut akan berhasil apabila memiliki kedisiplinan (Discipline) dalam menjalankan segala kegiatan.

  • Menetapkan prioritas
Setelah mengetahui visi dan tujuan yang hendak Anda capai, langkah berikutnya adalah menetapkan prioritas kegiatan. Cara yang paling baik dalam menentukan prioritas kegiatan adalah dengan membagi prioritas ke dalam empat poin, yaitu: penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak penting-mendesak dan tidak penting-tidak mendesak. Semakin penting dan mendesak, maka kewajiban anda untuk melaksanakan terlebih dahulu. Gunakan waktu Anda untuk fokus pada hal-hal yang penting, dan hindari menggunakan waktu untuk melakukan seseuatu yang tidak penting.

  • Buat perencanaan dan penjadwalan
Penjadwalan merupakan perilaku yang identik dengan mengatur waktu. Misalnya dengan cara membuat daftar kegiatan, merencanakan kegiatan, dan menjadwalkan kegiatan dalam kurun waktu tertentu. Diterapkannya perencanaan dan penjadwalan ini akan membuat waktu Anda akan lebih berguna setiap saatnya. [Ramadhan]

Sumber: UGM

No comments:

Post a Comment